ABOUT

TENTANG KAMI

        Sudah tak asing lagi mendengar kata PARMALIM ( parugamo Malim) dikalangan masyarakat khususnya di Sumatera Utara . Sudah banyak peneliti yg meneliti agama ini membuatnya dalam satu buku, sering juga para mahasiswa megangkat Parmalim sebagai judul untuk skripsi dan tesisnya. Apalagi kemajuan teknologi dizaman sekarang, sudah banyak artikel- artikel yg membahas tentang Parmalim,  walaupun banyak yang artikel tersebut hampir benar ,dan tak kala artikel tersebut jauh dari kebenaran tentang Parmalim.

     Baru-baru ini Parmalim sering sekali didengar , karna hasil keputusan Mahkamah Konstitusi pada tanggal 7  November 2017 yang mengabulkan permohonan para pemohon (para penghayat).

MK mengabulkan permohonan uji materi terkait aturan pengosongan kolom agama pada KK dan KTP.”

Bagi kami penghayat agama leluhur khususnya Ugamo malim sangat gembira menyambut  putusan MK ,inilah awal bagi kami para penghayat  merasa hak kami di lindungi oleh negara ini, dan merasa pengakuan  negara Indonesia atas kami itu  ada.

Kami penganut agama leluhur asli Bangso Batak , kami juga merupakan bagian dari masyaratkat indonesia dan itu artinya kami juga bagian dari indonesia.

Mungkin bagi masyarakat Indonesia pada umumnya karena kami tidak memilih 6 agama yang diakui di indonesia, kami menjadi orang yang tidak  beragama .

Sering sekali  stigma stigma buruk itu ada tentang kami para penghayat agama leluhur, dipandang sebelah mata, mendapatkan diskriminasi sosial, lingkungan, bahkan negara pun  tak luput memberikan diskriminasi tersebut. Sering dikatakan penyembah berhala bahkan dikatakan tak BerTuhan.  Tapi hal tersebut tidak akan mengurangi kepercayaan kami. Dan bahkan Sampai sekarang PARMALIM tetap ada dan bertahan di indonesia, dan pada akhirnya pemerintahan mulai mengakui agama leluhur.

Silahakan Menghubungi kami, Jika ada yang ingin di ketahui  lebih jauh lagi tentang PARMALIM dihalaman KONTAK  kami.